Berita

    Leasing Mobil : Pengertian & Syarat Mengajukannya

    Kebutuhan akan kendaraan tidak bisa dihindarkan. Baik itu motor atau mobil. Maka, banyak yang mengambil leasing mobil agar memudahkan dalam mobilitas terutama jika memiliki keluarga besar. 

    Lantas, apa pengertian leasing mobil itu? Apa saja syarat yang perlu dipersiapkan agar bisa mengambil kreditnya? Simak ulasan detailnya di sini. 

    Leasing ialah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan pembelian mobil baik baru atau bekas secara kredit kepada perusahaan maupun perorangan. Biasanya, dalam perusahaan leasing akan memberikan asuransi ketika terjadi kerusakan pada mobil sebagai antisipasi. 

    Syarat Leasing Mobil yang Perlu Disiapkan

    Dalam pengambilan kredit ke pihak leasing, akan ada persyaratan yang perlu Anda penuhi. Di antaranya: 

    1. Orang yang akan mengambil kredit minimal harus sudah berusia 21 tahun. 
    2. Statusnya sudah menikah/pernah menikah/lajang. 
    3. Sediakan KTP pribadi, KTP pasangan untuk yang sudah menikah atau KTP orang tua jika masih lajang dan tinggal bersama orang tua. 
    4. Siapkan Surat Nikah atau Kartu Keluarga. 
    5. Membawa sertifikat Bukti Kepemilikan Rumah, bukti PBB serta tagihan rekening listrik dalam 3 bulan terakhir. 
    6. Bila Anda seorang wiraswasta atau profesional, sertakan bukti kepemilikan usaha. 
    7. Bila pihak pemohon adalah perusahaan, sertakan pula akta pendirian serta pengesahan perusahaan, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan Surat Izin Usaha dan Perdagangan (SIUP). 
    8. Siapkan slip gaji dan mutasi rekening tabungan untuk 3 bulan terakhir. 
    9. Siapkan juga fotokopi NPWP. 
    10. Pemohon harus berusia maksimal 55 tahun ketika kredit lunas. 

    Hal-hal yang Perlu Diperhatikan untuk Leasing 

    Usai mengetahui persyaratannya, bagi Anda yang ingin mengajukan kredit pembelian mobil ke pihak leasing, mana pun itu, perlu memperhatikan ini agar tidak salah: 

    • Pilih pihak leasing kendaraan yang terpercaya

    Ada banyak pihak pemberi kredit mobil di Indonesia. Mulai dari perusahaan independen ataupun bank. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu dulu tiap-tiap pihak leasing atau dealer yang berada di sekitar rumah. Bisa juga mencari review di internet atau bertanya pada kenalan. 

    Bila ada promo untuk DP ringan atau cicilan kecil, ditahan dulu. Jangan langsung ambil keputusan untuk mengajukan permohonan kredit. Tetapi, cari tahu dulu dari banyak sumber setelah itu baru putuskan. 

    • Konsultasi dulu sebelum mengajukan